Inilah 4 Panggilan Unik dan Aneh Gubernur DKI Jokowi

Inilah 4 Panggilan Unik dan Aneh Gubernur DKI Jokowi - Gubernur DKI Joko Widodo mendapat panggilan berbeda ketika berada di beberapa wilayah. Bahkan, Wakil Gubernur Basuki T Purnama mengaku memiliki panggilan khusus buat sang atasan.

Sebagian masyarakat tentu memanggil tidak asal sebut. Ukiran prestasi, dan mau bekerja keras tentu menjadi pertimbangan sebelum menyapa Jokowi dengan nama baru.

Jokowi seperti tidak mau ambil pusing dengan nama baru yang diberikan publik. Mantan Wali Kota Solo itu mengaku tak masalah dipanggil apa saja.

"Saya dipanggil apa-apa mau. Bang Jokowi mau, panggil Mas Jokowi mau, panggil Pak Jokowi mau, panggil Jokowi mau," kata Jokowi di Balai Kota Jakarta, Senin (22/10).

Berikut 4 panggilan unik buat Jokowi:

1. Wagiman
Wakilnya Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama bercerita soal panggilan khususnya kepada Jokowi, yaitu Wagiman. Mengapa Ahok memanggil Jokowi dengan sebutan Wagiman?

"Itu kependekan dari Wali kota Gila Taman. Karena Jokowi peduli dengan taman," ujar Ahok dalam kepada merdeka.com di ruang kerjanya, Selasa (10/12).

Menurut Ahok, Jokowi menganggarkan pembenahan taman di Jakarta sebesar Rp 100 miliar, tetapi dinas pertamanan baru mampu menghabiskan Rp 40 miliar. Dalam perjalanan memimpin DKI, taman yang dibangun Jokowi antara lain taman Waduk Pluit. Sementara taman yang dibenahi termasuk taman di kawasan Semanggi.

Dia menambahkan, keinginan Jokowi membenahi taman juga sudah berlangsung saat dia masih menjadi wali kota Solo. Saat di Solo, Jokowi juga sudah membenahi beberapa taman di Solo.

2. Yang Mulia
Pemprov DKI Jakarta menyelenggarakan World Royal Heritage 2013 pada 5-8 Desember 2013. Saat pembukaan, pembawa acara tiba-tiba menyebut Jokowi dengan nama berbeda, yaitu 'Yang Mulia'.

Lalu bagaimana respons Jokowi? Jokowi mengaku risih dengan panggilan tersebut. Ia pun meminta staf pribadinya menemui panitia acara untuk memberitahu agar dipanggil dengan nama Jokowi saja.

"Keliru, perlu diberi tahu itu. Jadi ndak enak saya, terlalu berat bagi saya. Harusnya cukup dipanggil Jokowi saja," ujar Jokowi di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat.

3. Jokowow
Puluhan anak-anak Kampung Pulo, kelurahan Kampung Melayu, Jakarta Timur, antusias menyambut kedatangan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. Mereka pun punya panggilan khusus untuk Jokowi

Pantauan merdeka.com, anak-anak yang masih SD berkumpul di Jalan Jatinegara Barat, di Gang 1 RT 1 RW 2 kampung Pulo, Jakarta Timur. Tegar (10) siswa kelas 4 SD mengaku ingin bersalaman dan melihat langsung dengan Jokowi.

"Ikut-ikutan teman-teman mau salaman. Jokowow!" ujarnya seraya memberikan jari metal.

Tak jelas kenapa mereka memanggil Jokowi dengan Jokowow. Menurut mereka karena Jokowi seorang rocker yang metal.

4. Bang Wi
Beda tempat beda lagi julukan bagi Gubernur DKI Joko Widodo. Saat mengunjungi Setu Babakan di Jagakarsa, Jakarta Selatan, Jokowi disapa warga dengan sebutan Bang Wi.

Ketua Lembaga Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan Abdul Syukur mengatakan, singkatan dari nama Jokowi adalah Joko Betawi.

"Gubernur DKI adalah gubernurnya masyarakat Betawi. Namanya saja sudah mencerminkan itu. Jokowi, kepanjangan dari Joko Betawi," kata Abdul di Setu Babakan, Jakarta Selatan. | merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar