Narasi Tentang Agama Dan Sains

Ada banyak jenis narasi dan prinsip-prinsip pengorganisasian. Ilmu didorong oleh bukti yang dikumpulkan dalam percobaan, dan oleh pemalsuan teori yang masih ada dan penggantian mereka dengan yang baru, asimtotik lebih benar,. Sistem lain - agama, nasionalisme, ideation paranoid, atau seni - berdasarkan pengalaman pribadi (iman, inspirasi, paranoia, dll).

Narasi Experiential dapat dan memang berinteraksi dengan narasi bukti dan sebaliknya.

Sebagai contoh: kepercayaan pada Tuhan mengilhami beberapa ilmuwan
yang menganggap ilmu pengetahuan sebagai metode untuk "mengintip kartu Allah" dan untuk lebih dekat kepada-Nya. Contoh lain: mengejar upaya ilmiah meningkatkan kebanggaan nasional seseorang dan termotivasi olehnya. Ilmu sering rusak dalam rangka mendukung klaim nasionalistik dan rasis.

Unit-unit dasar dari semua narasi dikenal oleh efek mereka pada lingkungan. Allah, dalam pengertian ini, tidak berbeda dari elektron, quark, dan lubang hitam. Keempat konstruksi tidak dapat langsung diamati, tetapi kenyataan keberadaan mereka berasal dari efek mereka.

Memang, efek Tuhan yang dilihat hanya di alam sosial dan psikologis (atau psikopatologis). Tapi ini kendala yang diamati tidak membuat Dia kurang "nyata". Keberadaan dihipotesiskan Allah parsimoniously menjelaskan berbagai fenomena seolah-olah tidak terkait dan, oleh karena itu, sesuai dengan peraturan yang mengatur perumusan teori-teori ilmiah.

Tempat kedudukan keberadaan Tuhan dihipotesiskan adalah, jelas dan eksklusif, di benak orang percaya. Tapi ini lagi tidak membuat Dia kurang nyata. Isi pikiran kita adalah sebagai nyata sebagai sesuatu yang "luar sana". Sebenarnya, perbedaan yang sangat antara epistemologi dan ontologi adalah kabur.

Tapi apakah keberadaan Allah "benar" - atau Dia hanya salah satu bagian dari neediness kita dan imajinasi?

Kebenaran adalah ukuran kemampuan model kami untuk menggambarkan fenomena dan memprediksi mereka. keberadaan Allah (dalam pikiran orang-orang) digantikan untuk melakukan keduanya. Sebagai contoh, dengan asumsi bahwa Allah ada memungkinkan kita untuk memprediksi banyak perilaku orang yang mengaku percaya kepadaNya. Keberadaan Allah, oleh karena itu, pasti benar (dalam pengertian formal dan ketat).

Tapi apakah Tuhan ada di luar pikiran orang? Apakah Dia sebuah entitas objektif, terlepas dari apa yang mungkin atau mungkin tidak berpikir tentang Dia? Setelah semua, jika semua makhluk hidup adalah untuk binasa dalam bencana mengerikan, Matahari masih akan berada di sana, bergulir seperti yang telah dilakukan dari waktu purbakala.

Jika semua makhluk hidup adalah untuk binasa dalam bencana yang mengerikan, akan Allah masih ada? Jika semua makhluk hidup, termasuk semua manusia, berhenti mempercayai bahwa ada Tuhan - akan Dia bertahan penolakan ini? Apakah Allah "di luar sana" menginspirasi kepercayaan pada Tuhan dalam pikiran orang agama '?

hal-hal yang diketahui adalah independen dari keberadaan pengamat (meskipun interpretasi Copenhagen Mekanika kuantum perselisihan ini). Dipercaya hal tergantung pada keberadaan orang percaya.

Kita tahu bahwa Matahari ada. Kita tidak tahu bahwa Allah ada. Kami percaya bahwa Allah ada - tetapi kita tidak dan tidak bisa tahu itu, dalam arti kata ilmiah.

Kita dapat merancang percobaan untuk memalsukan (membuktikan salah) adanya elektron, quark, dan lubang hitam (dan, dengan demikian, jika semua percobaan-percobaan ini gagal, membuktikan bahwa elektron, quark, dan lubang hitam ada). Kami juga dapat merancang percobaan untuk membuktikan bahwa elektron, quark, dan lubang hitam ada.

Tapi kita tidak dapat merancang bahkan satu percobaan untuk memalsukan keberadaan Allah yang berada di luar pikiran orang percaya (dan, dengan demikian, jika percobaan gagal, membuktikan bahwa Allah ada "di luar sana"). Selain itu, kita tidak dapat merancang bahkan satu percobaan untuk membuktikan bahwa Tuhan itu ada di luar pikiran orang percaya.

Bagaimana dengan "argumen dari desain"? Alam semesta ini begitu kompleks dan beragam yang tentunya memerlukan adanya suatu kecerdasan tertinggi, perancang dan pencipta dunia, dikenal oleh beberapa sebagai "Allah". Di sisi lain, kekayaan dunia dan variasi dapat sepenuhnya dicatat dengan menggunakan teori-teori ilmiah modern seperti evolusi dan big bang. Tidak perlu untuk memperkenalkan Allah ke dalam persamaan.

Namun, ada kemungkinan bahwa Allah bertanggung jawab untuk itu semua. Masalahnya adalah bahwa kita tidak dapat merancang bahkan satu percobaan untuk memalsukan teori ini, bahwa Tuhan menciptakan alam semesta (dan, dengan demikian, jika percobaan gagal, membuktikan bahwa Tuhan adalah, memang, pencipta dunia). Selain itu, kita tidak dapat merancang bahkan satu percobaan untuk membuktikan bahwa Allah menciptakan dunia.

Kami bisa, bagaimanapun, desain eksperimen banyak untuk memalsukan teori-teori ilmiah yang menjelaskan penciptaan alam semesta (dan, dengan demikian, jika eksperimen gagal, memberikan teori-teori ini dukungan substansial). Kami juga dapat merancang percobaan untuk membuktikan teori-teori ilmiah yang menjelaskan penciptaan alam semesta.

Ini tidak berarti bahwa teori ini mutlak benar dan abadi. Mereka tidak. teori-teori ilmiah saat ini kami sebagian benar dan terikat untuk mengubah dengan pengetahuan baru yang didapat oleh eksperimen. teori-teori ilmiah kami saat ini akan digantikan oleh yang lebih baru, teori lebih benar. Tapi setiap dan semua teori ilmiah masa mendatang akan difalsifikasi dan diuji.

Pengetahuan dan keyakinan seperti minyak dan air. Mereka tidak campuran. Pengetahuan tidak menyebabkan keyakinan dan kepercayaan tidak menghasilkan pengetahuan. Kepercayaan dapat menghasilkan pendapat keyakinan atau sangat-merasa. Namun keyakinan tidak bisa menghasilkan pengetahuan.

Namun, kedua hal yang diketahui dan hal-hal yang diyakini ada. Yang pertama ada "di luar sana" dan yang terakhir "dalam pikiran kita" dan hanya di sana. Tapi mereka tidak kurang nyata untuk itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar