Tips Menjawab Tes Masuk SMK Favorit

SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) sekarang sedang banyak diminati. Alasannya? karena siswa SMK dipersiapkan untuk terampil bekerja dan tidak menutup kemungkinan bisa meneruskan ke jenjang perkuliahan. Beberapa sekolah favorit mengadakan beberapa tes independen (menurut standar sekolah itu sendiri) kepada calon murid baru. Jadi walaupun caranya berbeda dari sekolah yang lain, tapi tidak menutup kemungkinan ada beberapa cara yang sama. Maka dari itu admin akan memberikan beberapa tips-tips yang kiranya dapat membantu calon murid SMK untuk mempersiapkan diri menghadapi serangkaian tes. Tes masuk SMK biasanya ada beberapa tahap yaitu Tes Wawancara, Tes Kesehatan dan Tes Tulis. Jika Tes Wawancara tidak lulus makan tidak bisa melanjutkan ke tes berikutnya, begitu seterusnya. Hal-hal yang dilakukan siswa dalam tes-tes tersebut dirinci sebagai berikut:

Bisa dong..

   Tes Wawancara
Tes ini berfungsi untuk mengetahui minat awal siswa untuk masuk ke SMK favorit. Siswa dihadapkan pada seseorang guru pada suatu ruangan dan ditanyai tentang minatnya masuk ke SMK tersebut. Beberapa pertanyaan bisa bersifat menjebak. Pertanyaan umumnya antara lain:
Apakah alasan anda masuk ke SMK favorit ini?
Jawab dengan tenang dan utarakan maksud anda dan bisa anda latih dan susun di rumah. Misalnya karena sekolah ini merupakan sekolah yang terkenal favorit dan lulusannya terkenal baik, selain itu jaraknya dekat dari sumah saya dsb. 
Jurusan apa yang akan anda pilih atau masuki di sekolah ini?
Jawab sesuai dengan minat anda ingin masuk jurusan apa. Misalnya anda menjawab jurusan otomotif, lalu penanya biasanya akan memberikan soal tentang otomotif. Misalnya anda menjawab jurusan bangunan, lalu penanya memberikan pertanyaan lanjutan seperti "Anda bisa menghitung?" lalu anda akan dikasih soal tentang menghitung.
Pertanyaan menjebak
Penanya biasanya melihat gerak-gerik peserta tes dan tiba-tiba menanyakan pertanyaan menjabak semisal.
  1. Kamu pernah pernah merokok ya?
  2. Kamu pernah tindik telinga ya?
  3. Kamu pernah semir rambut ya?
Peserta tes yang terlalu jujur biasanya akan langsung mengiyakan pertanyaan di atas. Hal ini fatal karena bisa langsung tidak lulus tes wawancara. Jawablah sesuai apa adanya, tapi kalau anda bohong syukur kalau penanya percaya. Yang penting jawab dengan meyakinkan misalnya "seratus persen saya tidak melakukannya hal tersebut dan bisa dibuktikan dengan tes dokter".
Tes Wawancara Bahasa Inggris
Untuk yang satu ini bisa diadakan atau tidak sesuai sekolah yang bersangkutan. Tes ini bisa anda pelajari di artikel Tes wawancara bahasa Inggris.
   Tes Kesehatan
Dibutuhkan agar siswa siap sedia dalam mengikuti pelajaran dengan baik jika dia diterima. Tes ini bisa berupa tes fisik peserta yang biasanya dimasukkan ke dalam ruangan dan ditelanjangi (atau pakai celana pendek saja) dan dilihat apakah calon murid itu bertato/ bertindik/ mempunyai cacat tertentu. Selain itu tes ini bisa meliputi tes buta warna yang bisa anda pelajari di artikel Tes buta warna.

   Tes Tulis
Tes tulis biasanya dibedakan menurut pilihan jurusannnya masing-masing. Jadi siswa yang memilih jurusan Teknik Bangunan berbeda soalnya dengan siswa yang memilih jurusan Teknik Mesin. Tes ini biasanya berupa soal pilihan ganda (a,b,c,d) karena mudah untuk dikoreksi secara cepat. Jadi latihlah soal-soal umum tentang jurusan yang akan anda pilih. Misalnya siswa yang memilih jurusan otomotif akan diberikan soal-soal mengenai komponen sepeda motor atau mobil.

Saya kira tips di atas adalah gambaran yang bisa membantu anda jika ingin masuk ke SMK favorit. Semoga sukses masuk ke SMK yang anda idam-idamkan.

Sumber:
wawancara siswa yang pernah tes


Tidak ada komentar:

Posting Komentar