Video : Belajar Baca Surat Al-Fatihah Bersama Ustadz Don (Asal Malaysia)

Surat Al-Fatihah..
Assalamualaikum sobat wajahcewek..
Surat Al-Fatihah, seperti yang kita tahu bahwa surat ini merupakan surat pembuka dalam kitab Al-Qur'an, setidaknya ada 17 kali kita membaca surat ini setiap hari.

Membaca Al-Fatihah adalah kewajiban bagi setiap orang yang mengerjakan sholat, baik ia imam, makmum, atau pun munfarid (sholat sendiri). Barangsiapa yang tak membacanya, maka sholatnya tak sah.

Nabi -Shallallahu ‘alaihi wa sallam- bersabda,

مَنْ صَلَّى صَلاَةً لَمْ يَقْرَأْ فِيْهَا بِأُمِّ الْقُرْآنِ فَهِيَ خِدَاجٌ ثَلاَثًا غَيْرُ تَمَامٍ فَقِيْلَ لِأَبِيْ هُرَيْرَةَ: إِنَّا نَكُوْنُ وَرَاءَ اْلإِمَامِ فَقَالَ: اِقْرَأْ بِهَا فِيْ نَفْسِكَ فَإِنِّيْ سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ: قَالَ اللهُ تَعَالَى: قَسَّمْتُ الصَّلاَةَ بَيْنِيْ وَبَيْنَ عَبْدِيْ نِصْفَيْنِ وَلِعَبْدِيْ مَا سَأَلَ

“Barangsiapa yang melakukan sholat, sedang ia tak membaca Ummul Qur’an (Al-Fatihah) di dalamnya, maka sholatnya kurang (3X), tidak sempurna”. Abu Hurairah ditanya, “Bagaimana kalau kami di belakang imam”. Beliau berkata, “Bacalah pada dirimu (yakni, secara sirr/pelan), karena sungguh aku telah mendengar Rasulullah -Shallallahu ‘alaihi wa sallam- bersabda, “Allah -Ta’ala- berfirman, “Aku telah membagi Sholat (yakni, Al-Fatihah) antara Aku dengan hamba-Ku setengah, dan hamba-Ku akan mendapatkan sesuatu yang ia minta”. [HR. Muslim (395), Abu Dawud (821), At-Tirmidziy (2953), An-Nasa’iy (909), dan Ibnu Majah (838)]

Dalam benak kita terbesit sudah benarkah bacaan Al-Fatihah yang kita baca sampai saat ini? Bagaimanakah cara membaca Surat Al-Fatihah yang baik dan benar?

Mari kita simak video tausiah dari Ustadz Don Daniyal asal Malaysia yang mengajarkan bagaimana cara membaca Surat Al-Fatihah dengan benar supaya tidak mengubah arti dari bacaan Surat tersebut..

Video dibawah adalah mengenai jika kita salah menyebutkan tajwid Surah Al-Fatihah akan mengubah makna surah tersebut.

Video satu ini, Ustadz Don mengajar membaca surah Al-Fatihah dengan betul. Supaya sambil latihan membaca, saya kasih lafadz juga dibawahnya.



Demikian share admin hari ini, semoga membawa berkah dan ilmu bagi kita semua..


Sumber :
Youtube


Tidak ada komentar:

Posting Komentar